Desain Ilustrasi Digital Motif Kain Tenun Lunggi Kabupaten Sambas Menggunakan Teknik Gambar Pixel art
DOI:
https://doi.org/10.56248/marostek.v1i2.24
Keywords:
motif, tenun songket, lunggi, sambas, ilustrasi digital
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian Desa Semberang Kecamatan Sambas sebagai pusat tenun di Kabupaten Sambas, untuk teknik pengambilan data penulis melakukan observasi, studi literatur, dan wawancara. Hasil analisis kendala yang dihadapi oleh pengrajin adalah pembuatan motif bersifat konvensional menggambar pola dikertas menggunakan pensil, sehingga permintaan berkurang karena produk sulit dipreview dimana hasil produk belum terlihat, kemungkinan kesalahan pembuatan motif dan kombinasi pewarnaan bisa terjadi. Untuk mengatasi permasalahan penulis memberikan solusi membuat media desain grafis yang dikembangkan berupa desain motif Ilustrasi digital. Tujuan dari penelitian adalah pembuatan desain motif tenun lunggi Sambas menggunakan Ilustrasi digital dengan Teknik pixel art. Ciri khas gambar pixel art adalah gambar digital yang memiliki motif mozaik atau kotak-kotak pixel. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan memanfaatkan komputerisasi desain grafis pembuatan desain motif tenun songket Sambas menggunakan Ilustrasi digital dapat dilakukan, konsumen dapat melihat preview motif dan warna yang diterapkan pada struktur kain sebelum kain diproduksi sehingga mempermudah koreksian terkait dengan warna motif kurang besar,garis kurang lengkung, warna tidak sesuai motif. Dengan desain melalui ilustrasi digital komputer kesalahan produksi bisa diatasi, menghemat waktu dan biaya serta sebagai media priview sebelum produk diproduksi.
References
Abdillah, E. A., & Irwansyah, I. (2020). Perancangan Infografis Pengenalan Kain Ulos Batak Toba. Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, 1(1), 169-182.
Kamandanu, A. (2022). Proses Penciptaan Karya Seni Rupa dan Desain. Jawa Tengah: YLGI.
Ihya'Ulumuddin, D. I., & Sulistiyawati, P. (2019). Pengembangan Motif Tenun Troso Berbasis Komputer Grafis. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(1), 115-126.
Maulida, D. R., & Agustin, S. A. (2020). Perancangan Buku Visual Batik Gedog sebagai Media Pelestarian Motif Batik Tuban. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(1), 72-78.
Pratiwi, A., & Affanti, T. B. (2016). Batik Fraktal Kemajuan Teknologi Olah Visual Digital. Texfile: Journal of Textile, 3(1), 39-54.
Ratnadewi, R., Pandanwangi, A., & Prijono, A. (2020). Implementation of Art and Technology in Batik Purwakarta. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 4(1), 64-75.
Rauf, S., & Happy, H. R. D. (2021). Perancangan Film Dokumenter Motif Tenun Khas Jepara sebagai Media Edukasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 4(2), 98-110.
Rosanta, R. A., & Rizkiantono, R. E. (2018). Perancangan Buku Visual Tapis Lampung sebagai Media Pelestarian Tapis. Jurnal Desain Idea, 17(1), 5-10.
Septyawardhani, D., & Alfonzo, R. K. M. (2020). Memasyarakatkan Kain Tenun melalui Multimedia Interaktif. Visual Communication Design, 2(1), 1-8.
Sujantoko, S., Mustain, M., Armono, H. D., Zikra, M., & Kurniati, N. (2021). Produksi Batik Motif Kelautan di Kampung Jetis Sidoarjo. Sewagati, 5(3), 217-226.
Tjandrawibawa, P. (2020). Buku Ajar Desain Motif dan Eksplorasinya. Surabaya: Universitas Ciputra.
Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Salahuddin, S., & Hidayat, A. (2023). Desain Ilustrasi Digital Motif Kain Tenun Lunggi Kabupaten Sambas Menggunakan Teknik Gambar Pixel art. Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains, 1(2), Page 254–259. https://doi.org/10.56248/marostek.v1i2.24
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2022 Salahuddin Salahuddin, Andri Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DOI:
https://doi.org/10.56248/marostek.v1i2.24Keywords:
motif, tenun songket, lunggi, sambas, ilustrasi digitalAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian Desa Semberang Kecamatan Sambas sebagai pusat tenun di Kabupaten Sambas, untuk teknik pengambilan data penulis melakukan observasi, studi literatur, dan wawancara. Hasil analisis kendala yang dihadapi oleh pengrajin adalah pembuatan motif bersifat konvensional menggambar pola dikertas menggunakan pensil, sehingga permintaan berkurang karena produk sulit dipreview dimana hasil produk belum terlihat, kemungkinan kesalahan pembuatan motif dan kombinasi pewarnaan bisa terjadi. Untuk mengatasi permasalahan penulis memberikan solusi membuat media desain grafis yang dikembangkan berupa desain motif Ilustrasi digital. Tujuan dari penelitian adalah pembuatan desain motif tenun lunggi Sambas menggunakan Ilustrasi digital dengan Teknik pixel art. Ciri khas gambar pixel art adalah gambar digital yang memiliki motif mozaik atau kotak-kotak pixel. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan memanfaatkan komputerisasi desain grafis pembuatan desain motif tenun songket Sambas menggunakan Ilustrasi digital dapat dilakukan, konsumen dapat melihat preview motif dan warna yang diterapkan pada struktur kain sebelum kain diproduksi sehingga mempermudah koreksian terkait dengan warna motif kurang besar,garis kurang lengkung, warna tidak sesuai motif. Dengan desain melalui ilustrasi digital komputer kesalahan produksi bisa diatasi, menghemat waktu dan biaya serta sebagai media priview sebelum produk diproduksi.
References
Abdillah, E. A., & Irwansyah, I. (2020). Perancangan Infografis Pengenalan Kain Ulos Batak Toba. Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, 1(1), 169-182.
Kamandanu, A. (2022). Proses Penciptaan Karya Seni Rupa dan Desain. Jawa Tengah: YLGI.
Ihya'Ulumuddin, D. I., & Sulistiyawati, P. (2019). Pengembangan Motif Tenun Troso Berbasis Komputer Grafis. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(1), 115-126.
Maulida, D. R., & Agustin, S. A. (2020). Perancangan Buku Visual Batik Gedog sebagai Media Pelestarian Motif Batik Tuban. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(1), 72-78.
Pratiwi, A., & Affanti, T. B. (2016). Batik Fraktal Kemajuan Teknologi Olah Visual Digital. Texfile: Journal of Textile, 3(1), 39-54.
Ratnadewi, R., Pandanwangi, A., & Prijono, A. (2020). Implementation of Art and Technology in Batik Purwakarta. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 4(1), 64-75.
Rauf, S., & Happy, H. R. D. (2021). Perancangan Film Dokumenter Motif Tenun Khas Jepara sebagai Media Edukasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 4(2), 98-110.
Rosanta, R. A., & Rizkiantono, R. E. (2018). Perancangan Buku Visual Tapis Lampung sebagai Media Pelestarian Tapis. Jurnal Desain Idea, 17(1), 5-10.
Septyawardhani, D., & Alfonzo, R. K. M. (2020). Memasyarakatkan Kain Tenun melalui Multimedia Interaktif. Visual Communication Design, 2(1), 1-8.
Sujantoko, S., Mustain, M., Armono, H. D., Zikra, M., & Kurniati, N. (2021). Produksi Batik Motif Kelautan di Kampung Jetis Sidoarjo. Sewagati, 5(3), 217-226.
Tjandrawibawa, P. (2020). Buku Ajar Desain Motif dan Eksplorasinya. Surabaya: Universitas Ciputra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salahuddin Salahuddin, Andri Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.